Monday 30 September 2013

Sejarah Komputer dan Pengertian



mini.

Sejarah awal perkembangan komputer bermula dari Charles Babbage. Penelitian Charles Babbage telah memberikan kontribusi yang besar terutama dalam perkembangan dunia komputer.
Penemuannya cukup mengagumkan adalah Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang merupakan penemuan beliau yang cukup terkenal terutama dalam perkembangan komputer dewasa ini dan penemuannya ini merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal komputer. Penemuannya tersebut menjadikan ia (Charles Babbage)sebagai penemu komputer dan kemudian dijuluki sbg Bpk. komputer.
Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:
1822: Charles Babbage menmengungkapkan gagasannya yaitu sebuah alat yg bisa membantu umat manusia dlm hal melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang sangat tinggi dan cukup rumit. Mesin hasil penemuannya tersebut yang masih belum selesai,  saat ini di museumkan di Museum of Science London.
1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry. Ditahun tersebut dua orang ini mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mesin yang mereka buat dinamakan ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin yang mereka buat hanya sebatas menghitung tambah dan melakuakan operasi pengurangan.
1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris Alan Turing mulai mencoba mendesain sebuah komputer elektronik yg diperuntukkan khusus untuk tentara Inggris pada saat itu. Tujuan dari dibuatnya komputer ini tidak lain digunakan untuk menembus kode pertahanan Tentara Jerman.
1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat mesin komputer yang berjuluk Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Ukurannya cukup besar yaitu memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Komputer ini sudah bisa digunakan untuk menghitung probabilitas.
1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide dan belum direralisasikan.
1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. dua orang ini membuat komputer skala besar yang pertama, komputer tersebut diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr sebagai penemu komputer digital.
Komputer ENIAC memiliki bobot 30 ton, yang terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Saat ujicoba pertama kali untuk dioperasikan, seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati secara keseluruhan.
1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer UNIVAC I (Universal Automatic Computer) komersial untuk pertama kalinya. Kopmuter ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert diperuntukkan bagi Remington-Rand Corporation.
1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer yang dihasilkan menjadi semakin kecil dan dinamis.
Komputer masa depan
Demikian sekilas tentang sejarah komputer dan perkembangannya, juga pengertian komputer secara umum. Semoga bisa menambah pengetahuan teman-teman semuanya ya.

sumber:http://www.kutembak.com/2013/07/sejarah-komputer-dan-pengertian-nya.html

0 comments:

Post a Comment

 

Baby Animasi

comment

Copyright © 2013. NBP Corp - All Rights Reserved
Distributed By Blogger Themes | Template Created by BTDesigner Published by Super Cool Templates
Proudly powered by Blogger